Jumat, 10 Februari 2012

About Detective Conan


DETECTIVE CONAN


Detective Conan (名探偵コナン/Meitantei Conan), adalah sebuah manga dari seri anime detektif karangan Gosho Aoyama. Selain dalam format manga, Detective Conan juga telah dibuat dalam bentuk anime, film layar lebar, dan drama televisi yang telah bertahan selama bertahun-tahun.
Serial ini bercerita tentang seorang detektif SMU Teitan yang bernama Shinichi Kudo. Dengan kepandaiannya menganalisis, ia telah banyak membantu para polisi Jepang dalam memecahkan suatu kasus. Tak heran apabila namanya begitu cepat dikenal oleh masyarakat. Berbagai macam kasus sudah berhasil ia pecahkan. Entah itu pembunuhan, penculikan, sampai pencurian pun berhasil ia ungkap.
Hingga suatu hari, saat Shinichi sedang pergi bersama teman semasa kecilnya, Ran Mouri. Di tempat yang bernama Tropical Land lah mereka lagi-lagi bertemu kasus pembunuhan. Namun, untung saja Shinichi telah berhasil mengungkap pelakunya.Saat sedang berjalan menuju pulang. Tak sengaja Shinichi melihat seseorang berpakaian serba hitam yang pada kasus sebelumnya menjadi salah satu calon tersangka. Karena penasaran, Shinichi pun mengikuti orang tersebut secara diam-diam. 


Laki-laki berbaju serba hitam yang telah dikenal bernama Vodka itu ternyata sedang akan melakukan transaksi ilegal oleh seseorang. Shinichi terus memperhatikan kegiatan mereka dari balik dinding. Hingga tanpa ia sadari, laki-laki berbaju hitam lainnya tengah bersiap memukul Shinichi dari arah belakang. Seseorang bernama Gin itu telah berhasil memukul Shinichi dan menjadikannya kelinci percobaan dengan memberikan obat aneh ke dalam mulut Shinichi. Shinichipun tak sadarkan diri.
Saat ia perlahan mendengar suara orang, akhirnya ia sadar. Namun ada yang berbeda dari dirinya. Tubuhnya mengecil layaknya anak kelas 1 SD! Berkat bantuan Professor Agasa yang tinggal disebelah rumahnya, Shinichi berhasil menyamar dengan nama Conan Edogawa. Dan berkat bantuan professor pula, kini Conan berhasil mendapatkan tempat tinggal di sebuah rumah sederhana yang digabung dengan sebuah kantor seorang detektif swasta yang bernama Kogoro Mouri dan anaknya, Ran Mouri yang tak lain adalah orang yang ia sayang. Shinichi terus berpura-pura menjadi seorang murid SD kelas 1 yang polos, meski begitu ia tetap membantu memecakan kasus dengan bantuan alat-alat canggih buatan professor Agasa.
Ia mulai memiliki banyak teman-teman baru yg sesama anak kelas 1 SD. Beberapa teman dekatnya bernama, Ayumi Yoshida, Genta Kojima, Mitsuhiko Tsuburaya, dan Ai Haibara. Ai merupaka mantan anggota organisasi hitam yang kabur dengan cara mengecilkan tubuhnya seperti yang dialami oleh Shinichi. Berkat Ai, Shinichi banyak mendapatkan informasi dari organisasi misterius itu.
Conan terus berusaha menghancurkan organisasi hitam itu dengan bantuan FBI, Ai, dan teman-teman lainnya. Selain itu, ada beberapa orang yang mengetahui identitas asli Conan. Seperti kedua orang tuanya yaitu Yusaku Kudo dan Yukiko Kudo, Professor Agasa, Ai Haibara, Heiji Hattori detektif SMU dari Osaka, dan Kaito Kid pencuri dan pesulap handal yang masih menjadi buronan para polisi.



~*~*~


Tokoh-tokoh dalam Detective Conan



1. Shinichi Kudo





    
     Seorang Detektif yang duduk di kelas 2 SMA. Memiliki kemampuan dan kepintaran menganalisi dengan baik. Ia sangat terkenal karena telah berhasil memecahkan banyak kasus yang sulit, sehingga dijulukiPenyelamat Kepolisian Jepang. Shinichi kini tinggal sendiri di rumahnya karena kedua orangtuanya tinggal di Amerika. Selain jago memecahkan kasus-kasus sulit, Shinichi juga sangat gemar dan jago dalam bermain sepak bola. Ia memiliki sifat pemberani atau mungkin lebih mengarah ke 'nekat'. Ia tidak suka dan tidak bisa bernyanyi. Cowo yang lahir pada tanggal 4 Mei ini sangat menyukai pai lemon.

2. Conan Edogawa






    Transformasi dari tubuh Shinichi yang sebelumnya. Conan atau yang tak lain adalah Shinichi merupakan siswa kelas 1 SD yang bersekolah di SD Teitan. Seorang anak yang sangat cerdas. Sifat-sifatnya sama seperti Shinichi. Ia tinggal bersama Ran Mouri dan Kogoro Mouri. Ia dipaksa bergabung dengan group detective cilik. Meski awalnya kerjaan grup ini hanya mencarikan kucing yang hilang, tapi pada akhirnya banyak kasus-kasus yang dipecahkan oleh mereka(sebagian besar oleh Conan). Conanpun mulai terbiasa dengan kehidupannya sebagai murid SD.


3. Kogoro Mouri





    Seorang detektif swasta ceroboh yang tidak mahir memecahkan kasus. Ia adalah ayah dari Ran Mouri dan suami dari seorang pengacara, Eri Kisaki. Ia kini hidup dengan putrinya karena ia sudah lama bercerai dengan istrinya itu. Ia suka berjudi dan perempuan cantik. Salah satu idolanya yang sangat ia kagumi adalah Yoko Okino, seorang aktris terkenal di Jepang. Meski begitu, Ia sangat menyayangi putri semata wayangnya. Tokoh inilah yang sering dimanfaatkan Conan dalam memecahkan sebuah kasus.


4. Ran Mouri





    Ran adalah teman Shinichi sejak kecil. Keduanya sangat dekat dan saling memperhatikan satu sama lain. Ran dan Shinichi terlihat seperti orang yang sudah pacaran, meski keduanya sama-sama belum pernah mengungkapkan perasaannya. Ran adalah gadis berani dan kuat yang sekelas dengan Shinichi di SMU Teitan.  Pernah berhasil menjuarai beberapa lomba karate di kotanya. Ia adalah gadis penakut dengan yang namanya misteri dan hantu. Meski begitu ia juga sangat rapuh layaknya cewe kebanyakan. Sifatnya yang selalu sabar menunggu pulangnya Shinichi.Seperti layaknya Shinichi, Ran juga akan berusaha menolong orang jika ia mampu dan ada kesempatan. Tak heran bila julukannya adalah 'Angel'.

5. Hiroshi Agasa



    Seorang Professor yang barang-barang buatannya sangat membantu bagi Conan/Shinichi dan Grup Detektif Cilik. Laki-laki yang sudah cukup umur ini tinggal di samping rumah Shinichi dan kedua orang tuanya. Sangat suka membuat teka-teki di sela-sela kebosanan grup Detectif Cilik. Ia juga sering membawa mereka ke tempat-tempat tertentu dengan mobil VW kuningnya.

6. Grup Detektive Cilik


    Grup yang terdiri dari Conan Edogawa, Ayumi Yoshida, Genta Kojima, Mitsuhiko Tsuburaya, Ai Haibara ini sangat kompak dan saling membantu. Sebuah Grup detektif di SD Teitan. 
Conan, otak dari grup ini. Hampir sebagian besar kasus-kasus dipecahkan berkat dirinya. 
Ayumi, gadis manis yang sangat menyayangi binatang. Ia baik hati dan sering mengucapkan kata-kata yang membuat hati menjadi tenang. Ayumi menaruh hati pada Conan. 
Genta, anak laki-laki yang suka makan. Memiliki sifat yang sangat spontan. 
Mitsuhiko, seorang anak laki-laki yang cukup pintar. Menyukai Ai setelah sebelumnya pernah menyukai Ayumi. Memiliki sifat yang sedikit penakut. 
Ai, gadis yang terkesan dingin dan misterius. Nama aslinya sebelum ia berubah menjadi kecil adalah Shiho Miyano. Tinggal di rumah Prof. Agasa. Pembuat APTX4869, obat yang mengecilkan tubuhnya dan Shinichi.

7. Sonoko Suzuki



    Sahabat baik dari Ran. Putri konglomerat Suzuki. Sonoko sangat centil dan suka berlibur untuk mencari cowok. Tetapi kini ia telah menemukan kekasih yang sangat menyayanginya. Sangat suka menggoda Ran dengan Shinichi. Meski begitu ia adalah orang yang cukup pengertian bagi Ran.

8. Heiji Hattori



    Seorang detektif SMU dari Osaka. Rival dan sekaligus sahabat baik Shinichi. Ia mengetahui identitas asli Conan. Oleh karena itulah dia berusaha membantu Conan dalam menyelidiki organisasi hitam. Putra dari Heizo Hattori seorang inspektur kepolisian Osaka ini juga memiliki teman sejak kecil bernama Kazuha Toyama. Sifatnya masih sedikit kekanak-kanakan. Ia juga cukup ramah dan usil, berbeda sekali dengan Shinichi yang terkesan dingin dan stay cool. Diam-diam ia menaruh perasaan pada Kazuha. Tapi ia selalu menutupinya dengan membuat Kazuha kesal. Tapi belakangan, Heiji sudah mulai memperlihatkan kalau ia cemburu dengan kedekatan Kazuha dengan cowo lain.

9. Kazuha Toyama



    Teman sejak kecilnya Heiji. Gadis ceria yang juga merupakan sahabat baik Ran. Sifatnya sangat berbeda dengan Ran. Ia sangat bersemangat dan periang. Sedikit bawel dan sering sekali bertengkar dengan Heiji. Padahal sesungguhnya ia menyukai Heiji. Sifat Heiji yang belagak bodoh dan menyebalkan selalu berhasil membuat Kazuha kesal. Meski begitu, tanpa diketahui Heiji sering menolong Kazuha saat ia dalam masalah. Mereka berdua juga cukup kompak saat sedang melewati keadaan yang genting. Gadis manis ini hampir sama dengan Ran, selalu berusaha menunggu dan menunggu. Ia sangat perhatian kepada Ran yang telah ditinggal lama oleh Shinichi.

0 komentar:

Posting Komentar