Minggu, 23 Maret 2014

Tugas TOU 2 Minggu 1

CONTOH TEAMWORK
Setiap mahluk hidup di dunia pastilah memerlukan bantuan mahluk hidup lain untuk bertahan hidup. Salah satu contoh bahwa manusia memerlukan bantuan manusia lainnya adalah dengan adanya teamwork atau kerja tim yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Untuk melakukan teamwork ini biasanya terdiri dari beberapa orang yang saling membantu dengan mengerjakan tugas mereka masing-masing atau secara bersamaan untuk tujuan yang sama. Teamwork sering sekali dijumpai dalam suatu organisasi atau perusahaan. Teamwork akan terjalankan dengan baik apabila masing-masing anggotanya bertanggung jawab serta berusaha untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama, teamwork yang baik adalah teamwork yang lebih mementingkan kepentingan bersama dibandingkan dengan kepentingan pribadinya. Dalam teamwork, tiap anggotanya saling bergantung dengan anggota-anggota lainnya.
Ada banyak sekali contoh teamwork yang dapat kita jumpai di sekitar kita, mulai dari kerja sama tim dalam hal kecil hingga hal yang besar dan sulit sekalipun. Contoh yang paling kecil adalah pada saat kita ingin memindahkan suatu perabotan yang ukurannya cukup besar, dalam kegiatan ini maka memerlukan teamwork atau kerjasama dari berbagai orang yang terlibat untuk mencapai tujuan yang sama yaitu supaya barang tersebut dapat diangkat dan dipindahkan. Selain itu ada pula beberapa contoh teamwork lainnya yang lebih rumit. Berikut akan saya coba berikan 2 contoh teamwork yang sederhana dan sedikit rumit :
  • OLAHRAGA SEPAK BOLA
Saya mulai dengan memberikan contoh teamwork yang sudah sangat sering dijumpai dan sangat terlihat dimana letak teamwork nya tersebut, yaitu dalam olahraga seperti sepak bola dan basket. Kedua jenis olahraga ini pasti dan harus menggunakan kerja sama tim untuk memainkannya. Seperti sepak bola yang pada umumnya memiliki anggota 11 orang pada tiap tim yang diperlukan untuk bermain. Anggota-anggota tersebut memiliki posisi atau tugasnya masing-masing, misalnya saja ada yang bertugas menjaga pada daerah belakang untuk pertahanan, ada juga yang bertugas sebagai penyerang, dan ada pula yang bertugas sebagai penjaga gawang. Meski tugas dari masing-masing mereka berbeda-beda, tetapi mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memenangkan pertandingan. Dengan mereka melakukan tugas mereka masing-masing dengan baik serta saling membantu antar sesama anggota, maka akan lebih mudah untuk mencapai tujuan mereka tersebut. 
  • PEMBUATAN FILM
Salah satu contoh teamwork yang menyangkut orang banyak dan cukup besar adalah dalam suatu proyek atau pekerjaan dari perusahaan maupun organisasi. Saya akan memberikan contoh nya dalam suatu perusahaan atau kelompok yang memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat film yang baik dan bagus. Dalam contoh proyek pembuatan film ini membutuhkan teamwork oleh para anggotanya di bagian masing-masing atau dalam setiap tim yang telah dibentuk sesuai keahlian masing-masing anggota. Hal pertama yang terlihat melakukan kegiatan teamwork adalah pada saat tahap penulisan cerita dan naskah. Pada bagian ini pastilah memerlukan beberapa anggota yang ahli dibidang penulisan untuk saling bekerja sama membuat suatu tulisan cerita dengan mengeluarkan ide mereka masing-masing, dimana ide mereka tersebut dibicarakan kembali bersama-sama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dari hasil pemikiran serta penulisan bersama itulah akan menghasilkan suatu tulisan cerita yang nantinya akan dipakai untuk pembuatan film.
Tahap selanjutnya yang juga membutuhkan teamwork dari para anggotanya adalah pada tahap pengambilan gambar atau perekaman adegan. Pada tahap ini terdiri dari beberapa anggota yang ahli dibidangnya yang berhubungan dengan pekerjaan untuk merekam adegan untuk film. Orang-orang yang terlibat biasanya terdiri dari sutradara yang bertugas mengontrol serta mengarahkan anggota-anggota lainnya, ada juga juru kamera yang bertugas merekam adegan yang akan dilakukan oleh pemeran dalam film tersebut, serta ada pula yang mengurusi cahaya, perlengkapan, kostum, dsb. Mereka semua saling bekerja sama untuk menghasilkan suatu rekaman adegan yang bagus untuk keperluan pembuatan film
Kemudian setelah semua video rekaman yang telah direkam sebelumnya terkumpul, tahap selanjutnya adalah pada bagian mengedit. Dalam tahap ini terdapat tim yang bertugas mengedit video-video yang diperlukan untuk menjadikannya suatu kesatuan film yang utuh. Disini juga memerlukan teamwork untuk melakukan pekerjaan pengeditan, contohnya si A bertugas menggabungkan semua video menjadi satu, kemudian hasilnya diserahkan oleh si B yang bertugas mengedit bagian suara, lalu hasilnya diberikan lagi kepada si C yang bertugas mengedit atau mengecek keseluruhan video untuk menghindari kesalahan yang terjadi, dsb. Mereka yang berada dalam tim pengeditan ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menghasilkan suatu kesatuan film yang utuh dan bagus untuk ditonton banyak orang.
Dari penjabaran tugas masing-masing tim tersebut dengan memiliki tujuan masing-masing pula, mereka tetap mengacu pada tujuan utama, yaitu tujuan yang sama bagi semua tim dan bagi perusahaan atau organisasinya. Tujuan itu adalah membuat suatu karya film yang dapat ditontonkan kepada masyarakat. Contoh teamwork dalam pembuatan film ini mengartikan bahwa terdapat banyak teamwork di dalam sebuah teamwork yang lebih besar. Teamwork antar sesama anggota pada setiap tim, dimana terdapat pula teamwork dengan tujuan utama antar sesama tim tersebut. Mengapa demikian ? Karena masing-masing tim membutuhkan tim yang lainnya, serta masing-masing anggota membutuhkan anggota lainnya. Hasil pekerjaan mereka juga dijadikan satu kesatuan melalui beberapa proses untuk kepentingan & tujuan bersama.

Demikian beberapa penjabaran saya mengenai contoh teamwork yang saya ketahui. Mohon maaf bila ada kesalahan, karena ini hanya berdasarkan pengetahuan umum saya semata. Terima kasih atas waktu singkat yang telah diluangkan untuk membaca postingan saya :)


0 komentar:

Posting Komentar