Sabtu, 29 Maret 2014

Tulisan TOU 2 Minggu 1

JAPANESE SCHOOL FESTIVAL

Assalamualaikum wr.wb
Halo! Kali ini izinkan saya sedikit menceritakan mengenai sesuatu yang berhubungan dengan Jepang. Kenapa Jepang? Ya karena negri sakura ini merupakan salah satu negara yang sering sekali membuat saya terkagum dan tertarik dengan budaya ataupun kehidupannya. Awalnya sih saya hanya suka membaca komik-komik Jepangnya saja, tapi karna di dalam komik tersebut sering kali atau bahkan selalu menggambarkan kehidupan di negri matahari terbit tersebut, jadinya saya pun senang dan tertarik untuk lebih mengetahuinya.
Dalam postingan saya ini, saya akan membahas mengenai festival sekolah di Jepang. Namun yang saya akan jelaskan berikut ini merupakan sebatas pengetahuan saya saja yang bersumber dari berbagai hal. Jadi, selamat membaca ~ ^-^

Festival Sekolah di Jepang ini merupakan kegiatan rutinitas yang diadakan setiap tahunnya, biasanya diadakan di sekitar bulan November atau pada saat musim sudah mulai dingin, sekitar musim gugur sepertinya. Sebagian besar sekolah mengadakannya pada saat hari libur nasional untuk memperingati hari budaya di Jepang. Sering kali diadakan pada hari sabtu atau minggu atau bahkan keduanya agar dapat mengundang lebih banyak pengunjung yang sedang libur kerja ataupun sekolah. Festival ini diadakan agar para murid sekolah di Jepang dapat menyalurkan kreativitasnya dan juga melatih untuk saling bekerja sama.
Kegiatan ini biasanya merupakan kegiatan antar kelas, dimana setiap kelas dapat menyulap kelas mereka yang biasa dipakai untuk belajar menjadi suatu ruangan pameran seni ataupun restoran dan cafe hingga rumah hantu. Sebelum hari festivalnya tiba, para murid biasa mendiskusikan serta menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk acara festival tersebut agar dapat menarik pengunjung yang datang ke sekolah mereka untuk sekedar berkunjung ke kelas mereka. Persiapan yang dilakukan dapat berupa menyiapkan bahan-bahan, menyiapkan karya yang akan di pajang, mendekorasi ruangan kelas, menyiapkan kostum yang akan dikenakan, hingga membuat brosur untuk dibagikan ke pengunjung.

Ketika hari festivalnya tiba, murid-murid sekolah yang bersangkutan akan datang lebih pagi untuk menyiapkan acara kelas mereka masing-masing. Festival ini memang menjadi semacam lomba antar kelas dalam mendatangkan pengunjung, maka dari itu anggota kelas masing-masing berjuang semaksimal mungkin untuk memperbagus kelasnya sehingga banyak dikunjungi orang-orang yang datang berkunjung. Untuk alasan menarik pengunjung pula, biasanya dalam tiap kelas akan mengirim beberapa orang untuk membagikan brosur kelas mereka pada saat acara sudah dimulai, tentu saja dengan menggunakan pakaian serta keahlian berbicara semenarik mungkin. Dari yang biasa saya baca di komik, masing-masing kelas dapat membuat kelasnya menjadi sebuah cafe, restoran, rumah hantu, tempat pameran, serta menawarkan jasa seperti menggambar wajah pengunjung, membuat aksesoris sesuai keinginan, dll.
Tidak hanya kegiatan per-kelas, biasanya ada pula yang mebuat stan di lapangan dengan menjual makanan dan minuman atau yang lainnya. Pada jam tertentu juga terdapat penampilan dari atas panggung seperti permainan musik, menyanyi, menari, hingga kontes. Komunitas seperti klub sekolah juga ikut serta untuk mempertunjukkan yang sesuai dengan klubnya, seperti klub tari, drama, paduan suara, dsb. Pengunjung yang datang boleh dari kalangan manapun, siapa saja boleh berkunjung ke acara tahunan sekolah ini, mulai dari anak-anak hingga dewasa.
Dengan adanya kegiatan seperti ini tiap tahunnya, akan sangat bagus untuk melatih kekompakan, kreativias, perencanaan serta kerja sama murid-murid sekolah di Jepang. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengenalkan sekolah mereka ke masyarakat, serta sebagai kegiatan refreshing dari rutinitas belajar di sekolah.

Yak, demikian sedikit ulasan saya mengenai festival sekolah di Jepang. Seandainya aja di Indonesia ada yang seperti ini, pasti seru deh. Tapi di Indonesia ada acara yang hampir sama dengan festival sekolah ini, biasanya sih diadakan di suatu tempat tertentu, namanya bunkasai ~ \(^o^)/ Kalian bisa coba mampir ke acara semacam itu biar ada sedikit gambaran mengenai festival sekolah di Jepang ini. Ya meski ga sama persis, tapi mirip-mirip lah sama yang di Jepangnya haha. 
Oke cukup sekian ya. Sekali lagi, karena saya belum pernah melihat atau ikut serta dalam kegiatan di jepang ini (ke Jepang aja belom pernah T^T), maka saya ingatkan bahwa tulisan saya di atas hanya sepengetahuan saya saja yang sering saya baca di komik atau buku Jepang. Jadi, saya mengucapkan terima kasih untuk para komikus Jepang yang banyak memperlihatkan kebudayaan Jepang. Terima kasih atas waktunya untuk sekedar membaca tulisan saya ini. Mohon maaf bila ada salah kata atau informasi. Arigatou gozaimasu~~~ ^o^)/

0 komentar:

Posting Komentar