Minggu, 08 Maret 2015

Contoh Paragraf Deduktif & Induktif


Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi-proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar. Terdapat dua jenis metode dalam menalar yaitu deduktif dan induktif.

  • PARAGRAF DEDUKTIF
Paragraf Deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya. Paragraf ini diawali dengan pernyataan umum dan disusul dengan penjelasan umum.
Contoh Paragraf Deduktif :
  1. Sejak dulu, madu sudah dikenal sebagai bahan yang kaya akan manfaat. Bahkan sampai ada istilah 'Sejuta Khasiat Madu'. Terutama sebagai bahan makanan dan minuman. Lebih dari itu, ternyata madu juga memiliki khasiat untuk kesehatan dan bahan kecantikan. Saat ini banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya.
  2. Perubahan iklim yang tidak menentu akibat dari pemanasan global sudah banyak dirasakan saat ini. Beberapa daerah di indonesia telah mengalami curah hujan yang sangat rendah sehingga terjadi krisis air (kekeringan). Sedangkan di dareah lainnya malah curah hujan yang sangat tinggi sehingga terjadi banjir dan tanah longsor.
  3. Manusia adalah mahluk sosial. Dimana ia tidak dapat bertahan hidup tanpa bantuan manusia lainnya atau mahluk hidup lainnya. Seperti contohnya, manusia membutuhkan alat-alat rumah tangga yang dibuat oleh manusia lainnya, manusia juga membutuhkan oksigen untuk hidup yang mana oksigen tersebut dihasilkan oleh tumbuhan, manusia yang juga merupakan mahluk pemakan daging dan tumbuhan membutuhkan daging hewan seperti sapi dan ayam serta tumbuh-tumbuhan dan buah seperti ketimun dan apel untuk dimakan sehingga dapat bertahan hidup.  


  • PARAGRAF INDUKTIF

Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan menjelaskan permasalahan-permasalahan khusus (mengandung pembuktian dan contoh-contoh fakta) yang diakhiri dengan kesimpulan yang berupa pernyataan umum.
Contoh Paragraf Induktif :
  1. Semakin pesatnya perkembangan zaman, maka teknologi manusiapun juga semakin berkembang. Tak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari zaman purba hingga sekarang terus mengalami kemajuan yang sangat berarti.
  2. Pada saat ini remaja lebih menyukai tari-tarian dari barat seperti breakdance, shuffle, salsa, modern dance dan lain sebagainya. Begitu pula dengan jenis musik umumnya mereka menyukai rock, blues, jazz,  maupun reff. Tarian dan kesenian tradisional mulai ditinggalkan dan beralih mengikuti tren barat. Penerimaan terhadap bahaya luar yang tidak disertai dengan pelestarian budaya sendiri. Kesenian dan budaya luar perlahan-lahan menggeser kesenian dan budaya tradisional.
  3. Penyair akan membuat sebuah puisi dengan cara menuangkan imajinasinya, barulah tercermin sebuah puisi. Pengarang novel merangkai ceritanya dengan pengembangan imajinasi. Demikian juga seniman akan menggoreskan lukisan didahului dengan imajinasinya ke arah yang sebenarnya. Memang benar imajinasi diperlukan dalam menciptakan suatu karya.

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar