Kamis, 23 April 2015

Macam-Macam Kutipan Beseta Contohnya

MACAM KUTIPAN BESERTA CONTOHNYA
Kutipan merupakan pinjaman pendapat dari s eorang pengarang atau seseorang, baik berupa tulisan dalam buku, majalah, surat kabar, atau bentuk tulisan lainnya, maupun dalam bentuk lisan yang bertujuan sebagai pengokohan argumentasi dalam sebuah karangan. Fungsi dari kutipan yaitu sebagai landasan teori, penguat pendapat penulis, penjelasan suatu uraian serta bahan bukti untuk menunjang pendapat itu.
Hal yang perlu diperhatikan dalam mengutip yaitu :
  1. Penulis mempertimbangkan bahwa kutipan itu perlu
  2. Penulis bertanggung jawab penuh terhadap ketepatan dan ketelitian kutipan
  3. Kutipan dapat terkait dengan penemuan teori
  4. Jangan terlalu banyak mempergunakan kutipan langsung
  5. Teknik penulisan kutipan dan kaitannya dengan sumber rujukan
Kutipan terdiri dari beberapa jenis yaitu :
  • Kutipan Langsung
Kutipan langsung merupakan kutipan yang kata-katanya utuh dikutip semua dari sebuah naskah oleh penulis tanpa merubah sedikitpun isi dari sebuah naskah tersebut.
Tata cara dalam melakukan kutipan, jika kutipan panjangnya kurang dari empat baris dimasukan kedalam teks:
  1. Diketik seperti ketikan teks
  2. Diawali dan diakhir dengan tanda petik
  3. Sumber rujukan ditulis langsung sebelum atau sesudah teks kutipan
  4. Format penulisan diakhiri (Penulis,Tahun:Halaman)
Tata cara dalam melakukan kutipan, jika kutipan panjangnya lebih dari empat baris :
  1. Diketik satu spasi
  2. Dimulai tujuh ketukan dari batas tepi kiri
  3. Sumber rujukan  ditulis langsung sebelum teks kutipan
  4. Apabila penulis ingin memberi penjelasan atau menggaris bawahi harus diberi keterangan yang berada diantara tanda kurung
  5. Apabila terdapat kesalahan dalam kutipan dinyatakan menggunakan (sic!)
Contoh :
Demi kemudahan administratif, menurut Robert Bierstedt, “Ilmu pengetahuan digolongkan menjadi dua bidang besar, yaitu : (1) ilmu murni (pure science) terkait dengan alam semesta, seperti astronomi, geologi, geografi, biologi; (2) ilmu terapan (applied science) mencakup sejarah, ekonomi, bisnis, politik dan hukum” (William Chang,2002:4).
  • Kutipan Tidak Langsung
Kutipan yang kata-katanya diubah atau disesuaikan dengan ringkasan yang dibuat oleh penulis .
Tata cara dalam melakukan kutipan:
  1. Kalimat yang mengandung ide kutipan ditulis dengan spasi rangkap
  2. Semua kutipan harus dirujuk
  3. Sumber rujukan dapat ditulis sebelum atau sesudah kalimat yang mengandung kutipan
  4. Format penulisan diakhiri (Penulis,Tahun:Halaman)
Contoh:
Ilmu pengetahuan digolongkan menjadi dua bidang yaitu ilmu murni yang terkait dengan hal-hal yang sudah ada secara alamiah, dan ilmu terapan yang terkait dengan hal-hal yang bersifat buatan (William Chang,2002:4).
  • Kutipan Pada Catatan Kaki
Kutipan selalu ditempatkan pada spasi rapat, meskipun kutipan itu singkat saja. Kutipan diberi tanda kutip, dikutip seperti dalam teks asli.
Contoh :
Metode kualitatif menjadi fasilitator penelitian kuantitatif, sedangkan metode kuantitatif sebagai fasilitator penelitian kualitatif. Kedua pendekatan mendapat tekanan setara dan bisa saling memperkaya. Kedua sistem pendekatan ini bisa saling melengkapi. Terbuka kemungkinan untuk menggabungkan kedua metode pendekatan dalam sebuah penelitian. Hanya, sebelumnya kita perlu mendalami sumbangan masing-masing untuk sebuah penelitian yang akan dilangsungkan, karena penggabungan kedua metode penelitian umumnya lebih rumit. 6)
--------------------------------------------------
6) Julia Brannen, “Menggabungkan Pendekatan Kualitatif dan Pendekatan Kuantitatif: Sebuah Tinjauan” dalam Memadu Metode Penelitian: Kualitatif & Kuantitatif, 23-28.
  • Kutipan Atas Ucapan Lisan
Harus dilegalisir dulu oleh pembicara atau sekretarisnya (bila pembicara seorang pejabat). Dapat dimasukkan ke dalam teks sebagai kutipan langsung atau tidak langsung.
  • Kutipan Dalam Kutipan
Kadang-kadang terjadi bahwa dalam kutipan terdapat kutipan. Dapat dilakukan dengan dua cara:
  1. bila kutipan asli tidak memakai tanda kutip, kutipan dalam kutipan dapat mempergunakan tanda kutip tunggal atau tanda kutip ganda
  2. bila kutipan asli memakai tanda kutip tunggal, kutipan dalam kutipan memakai tanda kutip ganda. Sebaliknya bila kutipan asli memakai tanda kutip ganda, kutipan dalam kutipan memakai tanda kutip tunggal
Contoh :
Menurut An-Nabhani, definisi masyarakat tidaklah seperti apa yang banyak dipahami oleh kebanyakan dari manusia saat ini. Karena ia telah memberikan definisi yang baru terhadap arti masyarakat itu sendiri, seperti apa yang ada di dalam bukunya, “masyarakat adalah kumpulan perasaan, perbuatan, peraturan dan manusia itu sendiri” (An-Nabhani,1953:76).
  • Kutipan Langung Materi
Kutipan langsung dimulai dengan materi kutipan hingga penghentian terdekat (dapat berupa koma, titik koma, atau titik) disusul dengan sisipan penjelas siapa yang berbicara.


Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar