Minggu, 27 April 2014

Tulisan TOU 2 Minggu 2

HIPNOSIS



Hipnosis, hipnotis, hipnotisme? Sebagian praktisi menganggap bahwa kosakata "hipnosis" dan "hipnotis" pada prinsipnya berkesesuaian makna karena dainggap sama-sama diterjemahkan dalam kosakata bahasa inggris "hypnosis". Kata hipnotisme yang berasal dari kata "Hypnotism" dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan hipnosis. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:501), makna kata hipnosis dan hipnotis berbeda, yaitu :
  • Hipnosis adalah keadaan seperti tidur karena sugesti, yang pada taraf pemulaan orang itu berada di bawah pengaruh orang yang memberikan sugestinya, tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali.
  • Hipnotis adalah membuat atau menyebabkan seseorang berada dalam keadaan hipnosis; berkenaan dengan hipnosis.
Sebenarnya kondisi  hipnosis bukannya membuat tidak sadar sama sekali seperti makna yang disebutkan dalam KBBI. Kondisi hipnosis hanyalah berpindah keaktifan kesadarannya, dari pikiran sadar ke pikiran bawah sadar. Dalam kenyataannya, memang ada kondisi khusu saat otak manusia dapat dengan mudah menerima saran atau masukan (sugesti). Saat berada dalam kondisi hipnosis, sebagian orang mungkin hanya merasakan sebuah kondisi relaksasi biasa. Namun, sebenarnya ketika dihipnosis ada sebuah perubahan aktivitas dalam otak seseorang.
Apakah Hipnosis berbahaya? Sebenarnya, kondisi hipnosis merupakan kondisi pikiran alamiah yang tanpa kita sadari, kita pun sering berada dalam kondisi itu sehari-hari. Contohnya adalah pada saat anda menonton film, anda pun larut dalam film tersebut dan tidak menyadari sekitar. Atau pada saat anda mengendarai kendaraan bermotor, lalu tiba-tiba anda telah sampai di tempat tujuan tanpa terasa. Pada kondisi semacam itu, sebenarnya anda sedang dalam kondisi hipnosis. Perbedaannya, dalam sebuah sesi hipnosi, anda dipandu oleh seorang ahli hipnosis/hipnoterapis yang disebut juga dengan pengamat. Pengamat hanya memandu anda, semua kendali tetap di tangan anda. 
Dalam kenyataannya, hipnosis dapat memandu pikiran mejadi jauh lebih tajam dan lebih peduli secara kejiwaan. Secara aktual, hipnosis dapat memberikan keamanan dan kenyamanan karena dapat membuat seseorang menjadi lebih peduli terhadap kondisi lingkungannya setiap hari.
Dapatkah Hipnosis membuat seseorang menceritakan rahasianya? Saat dalam kondisi hipnosis, anda selalu mempunyai pilihan dan pikiran anda tidak akan pernah berhenti berfungsi dalam membuat keputusan. Jadi, hipnosis sama sekali tidak dapat membuat anda menceritakan sebuah rahasia jika anda tidak ingin seseorang mengetahuinya. Dalam kondisi itu, anda mungkin menemukan beberapa kebenaran tentang diri anda atau situasi yang sedang anda hadapi, atau ada sebuah sabotase terhadap pikiran anda. Anda tidak mengetahui tentang pikiran bawah sadar tersebut. Hal itu berarti bahwa pikiran bawah sadar anda mungkin mempunyai beberapa pemrograman dalam diri anda, yang hingga saat ini tidak anda ketahui.
Berita baiknya adalah jika anda tidak dapat mengungkap sebuah kebenaran yang terdapat di dalam pikiran yang tersimpan di pikiran bawah sadar tersebut, maka pikiran anda tidak mampu lagi mengungkap kebenaran tersebut. Pada saat strategi pikiran bawah sadar dapat terungkap dan terangkat ke permukaan, pikiran sadar anda dapat berubah ke arah yang lebih baik. Namun, sebuah program hanya berjalan ketika dilakukan secara diam-diam atau tanpa diketahui oleh pikiran bawah sadar.
Dapatkah hipnosis membuat seseorang melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginannya? Sebenarnya, hal itu tidak bisa terjadi. Anda mungkin melihat seorang ahli hipnosis panggung seakan-akan bisa memaksa seseorang untuk melakukan hal-hal aneh pada saat hipnosis berlangsung. Namun, sebenarnya orang bisa melakukan hal-hal aneh tersebut karena mereka mempunyai keinginan untuk menjadi bahan perhatian orang lain (memberi kesenangan kepada orang lain).
Pada saat seorang ahli hipnosis panggung memilih subjek, sebenarnya ia telah memilih peserta yang benar-benar rela dijadikan subjek pertunjukannya. Karena itu, jika memang tidak mau, anda tidak akan pernah mau melakukan atau menyetujui saran apapun yang melanggar nilai-nilai yang anda anut. Jika subjek bisa dipaksa, semua ahli hipnosis di seluruh dunia mungkin akan memaksa anda merampok bank dan meminta hasil rampokan tersebut. Selain itu, mereka juga bisa memiliki kekuasaan tanpa batas. Namun, hal itu tidak terjadi, bukan?

Apakah seseorang akan kehilangan ingatan pada saat kondisi hipnosis berlangsung? Terkdang seseorang memang bisa kehilangan ingatan pada saat sesi hipnosis. Namun, biasanya hal itu terjadi karena ahli hipnosis memberikan sugesti agar orang tersebut melupakan hal yang sedang terjadi. Kebanyakan ahli hipnosis menginginkan anda untuk mengetahui seluruh kejadian pada saat sesi hipnosis berlangsung. Bahkan, anda dapat mengingat lebih baik dibandingkan sesi percakapan yang biasa anda lakukan karena pikiran anda berada dalam kondisi fokus.
Apakah setiap orang bisa dihipnosis? Sebenarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk bisa dihipnosis (hypnotizability). Kemampuan ini juga bisa diperoleh melalui serangkaian latihan. Anda dapat melatih tubuh dan pikiran anda untuk dapat memasuki kondisi hipnosis dan ini bisa anda lakukan tanpa bantuan orang lain. Kebanyakan orang tidak sadar bahwa sesungguhnya mereka telah dihipnosis, karena kadang-kadang efek dari hipnosis tidak dapat dirasakan langsung oleh subjek. Namun, hasilnya bisa dirasakan oleh subjek tersebut.

Referensi :
Willy Wong dan Andri Hakim, Dahsyatnya Hipnosis, Visimedia, Jakarta Selatan : 2009.


0 komentar:

Posting Komentar